Senin, 12 Oktober 2020

Mendarat di Asteroid Bennu

Kredit Video: NASAOSIRIS-REx, NASA's Scientific Visualization Studio; Data: NASAU. Arizona, CSA, York U., MDA

Penjelasan: Bagaimana rasanya mendarat di sebuah asteroid? Faktanya, hingga saat ini belum ada satu manusia pun yang pernah menginjakkan kaki di asteroid. Meski begitu, beberapa wahana antariksa sudah pernah mendarat di asteroid sejak tahun 2001. Dijadwalkan pekan depan, wahana antariksa OSIRIS-REx milik NASA akan mendarat di permukaan asteroid Bennu dalam misinya untuk menjelajahi asteroid tersebut. Tujuan dari penjelajahan ini adalah mengumpulkan sampel dari Bennu untuk diteliti pada tahun 2023 mendatang. Video di atas memperlihatkan kepada kita bagaimana rasanya mendarat di asteroid berbentuk berlian berukuran 500 meter ini. Video ini dihasilkan dari citra digital dan data permukaan Bennu yang dikumpulkan OSIRIS-REx selama 1,5 tahun. Bagian awal video memperlihatkan Bennu yang berotasi dengan cepat, lebih cepat daripada rotasi aslinya yang mencapai 4.3 jam. Setelah rotasi berhenti, kamera virtual akan membawa kita turun hingga tepat di atas permukaan kasar yang melingkari sebuah potongan batu seukuran rumah bernama Simurgh, dengan bagian datar Roc terlihat di belakangnya. Jika OSIRIS-REx berhasil membawa sampel dari Bennu ke Bumi, sampel tersebut akan diteliti karena terdapat potensi keberadaan senyawa organik di permukaannya yang bisa jadi merupakan cikal bakal kehidupan di Bumi dan mungkin memberikan petunjuk mengenai proses awal terbentuknya Tata Surya kita.

Alih Bahasa: Astuto Santosa