Selasa, 13 Oktober 2020

Mars, Pleiades, dan Andromeda

Kredit Foto & Hak Cipta: Cem Özkeser

Penjelasan: Tiga objek berbeda terpotret dalam satu frame pada gambar di atas. Dipotret pada bulan lalu, objek pertama adalah gugus bintang Pleiades, gugus bintang paling terkenal di langit malam, terlihat di kiri atas gambar berwarna biru cerah. Pleiades (M45) berjarak sekitar 450 tahun cahaya dari Bumi dan dapat ditemukan tidak jauh dari rasi bintang Orion. Objek kedua adalah Galaksi Andromeda, salah satu galaksi paling terkenal di langit malam, terlihat di kanan atas gambar. Andromeda (M31) adalah satu dari sedikit objek yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Objek ketiga adalah planet Mars, salah satu planet paling terkenal di langit malam, terlihat di tengah gambar berwarna merah terang. Di latar depan gambar adalah makam kuno di Lembah Phygrian, Turki. Makam tersebut diketahui adalah sisa-sisa peradaban kuno yang hidup sekitar sepuluh ribu tahun yang lalu. Hari ini planet Mars berada di titik oposisi atau berada pada posisi yang berlawanan dengan Matahari dalam pandangan dari Bumi sehingga akan terlihat bersinar terang sepanjang malam dan dapat dengan mudah ditemukan di arah langit timur sesaat setelah matahari terbenam.

Alih Bahasa: Indriani Iskandar