Minggu, 02 April 2023

M57: Nebula Cincin Hasil Jepretan Hubble

Kredit Foto: NASA, ESA, Hubble Legacy Archive; Diproses oleh: Judy Schmidt

Penjelasan: Beberapa ratus tahun yang lalu, para pengamat bintang terdahulu mengamati bentuk yang tidak biasa dari sebuah objek langit, yang bentuknya seperti cincin di langit, tetapi bukan planet Saturnus. Sekarang, pada era modern ini, kita akhirnya tahu objek apa yang diamati itu, Nebula Cincin. Pemetaan 3D terbaru untuk menelusuri struktur nebula oleh teleskop antariksa Hubble ini menunjukkan bahwa Nebula Cincin, yang dikatalogkan sebagai M57, adalah awan debu dan gas yang relatif padat, berbentuk seperti donat yang melingkar. M57 termasuk dalam jenis nebula planeter, nebula yang terbentuk ketika bintang bermassa rendah runtuh oleh gravitasinya sendiri di akhir masa hidupnya. Meski begitu, sama seperti nebula planeter lainnya yang sudah banyak dipelajari, materi nebulanya tidak berasal atau tidak berhubungan sama sekali dengan planet. Selubung gas yang membentuk nebula dikeluarkan dari bintang yang sudah mati, yang sekarang bintang tersebut sudah menyusut, dapat dilihat sebagai sebuah titik cahaya kecil yang berada di tengah nebula. Cahaya ultraviolet yang intens dari bintang di pusat nebula yang panas itulah yang mengionisasi atom di dalam gas dan debu. Nebula Cincin sendiri memiliki ukuran sekitar 1 tahun cahaya dan berjarak 2.500 tahun cahaya dari Bumi.