Selasa, 10 Mei 2022

NGC 6334: Nebula Cakar Kucing

Kredit Foto & Hak Cipta: Stefan Steve Bemmerl & Team Wolfatorium (Hakos/Namibia)

Penjelasan: Bentuk apa yang kamu lihat ketika pertama kali melihat nebula ini? Jika kamu melihat bentuk mirip cakar kucing, kamu satu pemikiran dengan para astronom. Nebula pada dasarnya memiliki bentuk yang acak karena merupakan awan debu dan gas antarbintang yang menyebar di ruang angkasa. Namun, dalam beberapa kesempatan, nebula bisa memiliki bentuk unik. Seperti nebula yang fotonya bisa kamu lihat di atas ini, para astronom menjulukinya sebagai Nebula Cakar Kucing karena bentuknya yang memang mirip bagian cakar dari mamalia lucu berbulu itu. Berjarak sekitar 5.500 tahun cahaya di arah rasi bintang Skorpius, nebula ini secara resmi dikatalogkan sebagai NGC 6334, merupakan jenis nebula emisi dengan warna merah yang berasal dari kelimpahan atom hidrogen terionisasi. Menurut pengamatan para astronom, bintang-bintang yang hampir sepuluh kali massa Matahari kita telah lahir di sana hanya dalam beberapa juta tahun terakhir. Warna-warni Nebula Cakar Kucing pada foto ini berasal dari cahaya yang dipancarkan oleh atom hidrogen, oksigen, dan sulfur di dalam nebula.