Selasa, 15 Maret 2022

Jalan Menuju Bintang-bintang

Penjelasan: Dalam foto yang indah ini, terlihat seolah kita akan menyusuri jalan menuju bintang-bintang. Namun, jalan tersebut sebenarnya menuju Observatorium La Silla milik European Southern Observatory (ESO) di Chili. Di depan foto, tampak teleskop ESO yang berdiameter 3,6 meter. Di sebelah kiri, berdiri beberapa struktur yang tampak futuristik yang merupakan sistem pendukung untuk teleskop BlackGEM yang sedang dibangun, merupakan serangkaian teleskop optik yang akan membantu mendeteksi gelombang gravitasi oleh LIGO dan detektor modern lainnya. Selain bangunan-bangunan di darat, masih ada banyak lagi yang dapat kita amati di langitnya. Pijaran udara berwarna merah menerangi langit malam di sebelah kanan, sementara pusat Galaksi Bimasakti kita terlihat miring diagonal melintasi tengah foto. Jupiter dapat dilihat tepat di atas bentangan Bimasakti dekat pusat foto, sedangkan Saturnus terlihat tepat di atas kubah teleskop 3,6 meter. Dua galaksi satelit terbesar dari Galaksi Bimasakti kita, Awan Magellan Besar (LMC) dan Awan Magellan Kecil (SMC), terlihat juga yang berada di sisi kanan foto. Panorama foto di atas diambil dengan eksposur 15 detik pada 30 Juni 2019. Dua hari kemudian setelah foto ini diambil, La Silla menyaksikan gerhana matahari total yang langka.

Kredit Konten: A Road to the Stars