Kamis, 03 Maret 2022

Galaksi Spiral NGC 2841

Kredit Foto & Hak Cipta: Vitali Pelenjow

Penjelasan: Tidak perlu jauh-jauh ke luar angkasa. Dengan teknologi manusia modern bernama teleskop, kita bisa melihat dan memotret galaksi-galaksi lain di semesta secara langsung dari permukaan Bumi. Salah satunya adalah foto galaksi spiral NGC 2841 yang bisa kamu lihat di atas ini. Berjarak sekitar 46 juta tahun cahaya jauhnya dari Bumi, NGC 2841 dapat ditemukan di arah rasi bintang Ursa Major. Foto menakjubkan galaksi NGC 2841 ini sendiri tidak dipotret semalam saja, melainkan selama 32 malam berturut-turut dari bulan November dan Desember 2021, kemudian berlanjut pada Januari 2022. Itulah mengapa foto yang dipotret dari permukaan Bumi ini bisa sangat tajam dan detail, memperlihatkan bagian inti galaksi yang berwarna kekuningan yang cukup mencolok, cakram galaksi, dan daerah luar yang redup. Tak ketinggalan, ada pula jalur-jalur debu gelap, daerah pembentuk bintang kecil berwarna merah muda, dan gugusan bintang muda kebiruan yang menghuni area lengan spiral berliku dan rapat. Menurut perhitungan berdasarkan diameter sudut dan jaraknya, NGC 2841 diketahui memiliki diameter lebih dari 150.000 tahun cahaya, 1,5 kali lebih besar dari galaksi Bimasakti kita sendiri.

Kredit Konten: Spiral Galaxy NGC 2841