Sabtu, 26 Februari 2022

NGC 4945: Melihat Galaksi dari Pinggirannya

Kredit Foto & Hak Cipta: Dietmar Hager, Eric Benson

Penjelasan: Kalau biasanya foto-foto galaksi spiral lain menampakkan wujud galaksinya dari bagian atas, hal itu berbeda dengan galaksi spiral besar NGC 4945 ini, yang mana terlihat dari pinggirannya dalam pandangan dari Bumi. Diperkirakan memiliki ukuran hampir sebesar Galaksi Bimasakti kita, NGC 4945 terletak pada jarak sekitar 13 juta tahun cahaya di arah rasi bintang Centaurus, atau sekitar enam kali lebih jauh dari jarak galaksi Andromeda. Tampak dalam foto di atas yang dipotret dari permukaan Bumi ini, NGC 4945 memiliki cakram debu yang berwarna-warni. Warna birunya berasal dari gugus bintang yang berisi bintang-bintang berusia muda, dan warna merah mudanya merupakan nebula-nebula pembentuk bintang aktif di sana. Meskipun wilayah pusat galaksi ini sebagian besar tersembunyi dari pandangan teleskop optik (karena kemiringannya dalam pandangan dari Bumi), pengamatan sinar-X dan inframerah menunjukkan adanya emisi energi tinggi yang signifikan dan pembentukan bintang yang cukup tinggi di sana. Dan sama seperti galaksi-galaksi besar lainnya, terdapat sebuah lubang hitam supermasif di pusat galaksi NGC 4945.

Alih Bahasa: Riza