Rabu, 23 Februari 2022

Orion di Langit Green Bank

Kredit Foto & Hak Cipta: Dave Green

Penjelasan: Green Bank, sebuah kota paling tenang yang menjadi rumah bagi teleskop radio tunggal terbesar di dunia yang tepat berada di bagian kanan bawah foto, memiliki langit malam yang begitu indah. Teleskop radio tunggal terbesar itu bernama Teleskop Robert C. Byrd Green Bank (GBT) yang berdiri pada tahun 2017 di zona sunyi radio (The National Radio Quiet Zone atau NRQZ) yang terletak di perbukitan West Virginia, AS. Teleskop yang berukuran lebih besar dari lapangan sepak bola ini dapat mengamati alam semesta pada siang hari maupun malam hari dengan menangkap gelombang radio. Penangkapan gelombang radio pada piringan teleskop selebar 100 meter ini memberikan sensitivitas yang tinggi sehingga area di sekitar teleskop membatasi penggunaan telepon seluler, pemancar WiFi, Bluetooth, bahkan membatasi penggunaan microwave. Foto yang diambil pada akhir bulan Januari kemarin ini telah direncanakan selama berbulan-bulan sebelumnya untuk mendapatkan posisi Orion yang tepat di atas sang teleskop. Foto ini sendiri merupakan foto komposit dengan lensa telefoto, di mana posisi sang astrofotografer bersama kameranya berada sejauh lebih dari satu kilometer dari GBT. Pertama, ia mengambil gambar langit di latar belakang menggunakan teknik eksposur panjang, kemudian pada malam setelahnya mengambil bidikan latar depan. Gabungan bidikan latar depan dan latar belakang inilah yang kamu lihat saat ini. Teleskop Green Bank sendiri terkenal dengan banyak penemuan, di antaranya yaitu memetakan medan magnet yang tidak biasa di Kompleks Awan Molekul Orion. Oleh karena itu, teleskop ini cocok diabadikan bersama dengan rasi bintang Orion.

Kredit Konten: Orion over Green Bank