Kamis, 13 Januari 2022

Simeis 147: Sisa dari Supernova

Kredit Foto & Hak Cipta: Jason Dain

Penjelasan: Tampaknya akan sangat mudah bagi kita untuk tersesat saat menyusuri filamen yang kusut dalam gambar dari sisa supernova Simeis 147 ini. Simeis 147 juga dikatalogkan sebagai Sharpless 2-240, dan karena bentuknya yang unik ini dia lebih populer dengan julukan Nebula Spaghetti. Terlihat pada arah konstelasi Taurus dan Auriga, nebula ini memiliki lebar hampir 3 derajat atau 6 kali diameter Bulan purnama di langit Bumi. Ukuran diameter ini ekuivalen dengan diameternya yang mencapai 150 tahun cahaya, dan jaraknya diestimasikan sekitar 3.000 tahun cahaya dari Bumi. Gambar gabungan ini mencakup data gambar yang telah melalui filter pita sempit, di mana emisi kemerahan dari atom hidrogen dan atom ganda oksigen yang terionisasi dalam rona samar biru kehijauan meninggalkan jejak dari gas yang bersinar. Sisa dari supernova ini diperkirakan berusia sekitar 40.000 tahun, yang berarti cahaya dari ledakan bintang masif ini pertama kali mencapai Bumi 40.000 tahun yang lalu. Namun, sisa supernova yang mengembang ini tidak hanya memiliki satu impak. Peristiwa kosmik ini juga menghasilkan bintang neutron yang berputar (pulsar), yang merupakan satu-satunya hal yang tersisa dari inti bintang aslinya.

Alih Bahasa: Astuto Santosa