Jumat, 24 Desember 2021

M1: Nebula Kepiting

Kredit Foto & Hak Cipta: Michael Sherick

Alih Bahasa: Apakah kamu bisa melihat bentuk cangkang kepiting pada nebula ini? Jika bisa, begitulah bagaimana para astronom menjulukinya sebagai Nebula Kepiting. Dikatalogkan secara resmi sebagai M1, ia merupakan objek pertama dalam daftar objek langit non-komet yang dirangkai oleh astronom Charles Messier pada abad ke-18. Nebula Kepiting diketahui merupakan nebula yang terbentuk dari sisa-sisa supernova, puing-puing dari ledakan dahsyat sebuah bintang masif, yang kemungkinan terjadi pada tahun 1054 silam, lebih dari 9 abad yang lalu. Foto ini merupakan penampilan Nebula Kepiting dalam pengamatan teleskopik berbasis darat yang tajam yang menggabungkan data warna pita lebar dengan data pita sempit untuk melacak emisi dari atom sulfur, hidrogen, dan oksigen yang terionisasi dalam struktur filamen kusut pada nebula yang masih mengembang ini. Salah satu objek paling eksotis yang diketahui astronom modern, Pulsar Kepiting, bintang neutron yang berputar 30 kali per detik, terlihat sebagai titik terang di dekat pusat nebula. Memiliki lebar sekitar 12 tahun cahaya, Nebula Kepiting diketahui berjarak sekitar 6.500 tahun cahaya dari Bumi di arah rasi bintang Taurus.

Kredit Konten: M1: The Crab Nebula