Rabu, 22 Desember 2021

Peluncuran Observatorium IXPE

Kredit Foto & Hak Cipta: Jordan Sirokie

Penjelasan: Burung tidak terbang setinggi ini. Pesawat tidak terbang secepat ini. Tidak ada spesies di Bumi selain manusia yang dapat memahami apa yang sedang terjadi, begitu pula manusia satu milenium yang lalu. Peluncuran roket menuju ruang angkasa merupakan salah satu kemajuan teknologi manusia modern. Foto ini menampilkan roket Falcon 9 milik SpaceX baru saja lepas landas dari Kennedy Space Center, Florida, yang menggendong Imaging X-ray Polarimetry Explorer (IXPE), dalam teknik eksposur panjang sehingga membentuk jejak peluncurannya. IXPE merupakan observatorium berbasis ruang angkasa baru yang akan ditugaskan untuk mengamati objek berenergi tinggi seperti bintang neutron, lubang hitam, dan pusat galaksi jauh agar manusia bisa lebih memahami objek-objek tersebut dengan baik. Oh iya, tahukah kamu mengapa roket melengkung saat meluncur? Jalur melengkung dibutuhkan agar roket bisa mengantarkan apa yang ia gendong ke orbit rendah Bumi. Jika roket hanya meluncur lurus saja, ia akan jatuh kembali ke Bumi ketika bahan bakarnya habis tanpa bisa mengitari Bumi.

Alih Bahasa: Riza