Selasa, 21 Desember 2021

Titik Balik Matahari dan Bimasakti

Kredit Foto Komposit & Hak Cipta: Stefan Seip (TWAN)

Penjelasan: Terlepas dari tanggal yang cantik, apakah kamu sadar kalau hari ini juga merupakan hari yang istimewa dalam ranah astronomi? Setiap tahunnya di bulan Desember, kita akan melihat titik balik matahari yang menjadi awal dari musim dingin untuk bumi belahan utara dan musim panas untuk bumi belahan selatan. Penanda astronomis untuk pergantian musim, yaitu solstis dan ekuinoks ini didasarkan pergerakan semu Matahari di langit Bumi. Pada titik balik matahari hari ini, Matahari mencapai deklinasi selatan maksimumnya sebesar -23,5 derajat pada pukul 15:59 UTC (Waktu Universal Terkoordinasi), sedangkan koordinat kenaikannya pada bola langit adalah 18 jam. Koordinat ini menandakan pada langit di atas kita, Matahari terlihat berada di konstelasi Sagitarius, dekat dengan pusat galaksi Bimasakti kita. Faktanya, jika kita dapat melihat solstis hari ini dengan latar belakang bintang dan nebula yang redup (memang secara praktis ini sulit untuk dilakukan, terutama di siang hari) pandangan kita mungkin terlihat seperti perpaduan dua gambar panorama di atas. Untuk membuat gambar gabungan ini, gambar pita galaksi kita diambil di bawah langit malam Namibia dan selanjutnya digabungkan menjadi pemandangan yang indah dengan foto matahari yang diambil pada 21 Desember 2015. Pada komposisi foto ini, matahari terlihat sebagai bintang yang cemerlang saat titik balik matahari dan seolah berada pada bagian tengah Bimasakti.

Alih Bahasa: Astuto Santosa