Jumat, 03 Desember 2021

Komet Leonard dan Galaksi Ikan Paus

Kredit Foto & Hak Cipta: Gregg Ruppel

Penjelasan: Dini hari 24 November 2021 kemarin, Komet C/2021 A1 (Leonard) tertangkap kamera sedang berada di langit utara, terletak di antara dua galaksi seperti yang bisa kamu lihat pada foto teleskopik di atas ini. Memiliki bagian koma, atau istilah untuk inti komet, yang berwarna kehijauan, ekor komet yang berdebu tampak seolah-olah sedang menombak NGC 4631 (atas kanan) yang juga dikenal sebagai Galaksi Ikan Paus, karena bentuknya yang memang mirip mamalia air terbesar itu. Sementara itu, galaksi yang bentuknya agak aneh di kiri bawah, dikatalogkan sebagai NGC 4656, atau yang dijuluki sebagai galaksi Tongkat Hoki. Pada saat foto ini diabadikan, komet Leonard sedang berjarak sekitar 6 menit cahaya dari planet kita, yang mana saat postingan ini dipublikasikan jaraknya sudah jauh lebih dekat. Pendekatan terdekat komet Leonard ke Bumi akan terjadi pada 9 Desember 2021 mendatang, yang mana akan menjadi waktu terbaik untuk melihatnya. Komet Leonard diprediksi akan menjadi komet yang muncul cukup terang tahun ini, dengan magnitudo visual sekitar +4. Ia akan terus bergerak mengitari Matahari, dan akan mencapai perihelionnya, atau jarak terdekatnya dengan Matahari, pada 3 Januari 2022 mendatang.

Alih Bahasa: Riza