Jumat, 22 Oktober 2021

Sebuah Komet dan Kepiting Kosmis

Kredit Foto & Hak Cipta: Jose Mtanous

Penjelasan: Foto penuh bintang di arah rasi bintang Taurus ini membentang lebih dari 2 derajat atau setara diameter sudut 4 Bulan purnama di langit Bumi. Objek kehijauan dengan ekor yang cukup panjang di sisi kiri bawah foto adalah sebuah komet, yang dikatalogkan sebagai 67P/Churyumov-Gerasimenko. Manusia pernah mengirimkan wahana antariksa untuk mengitari planet ini, bahkan mencoba mendaratkan robot kecil ke permukaan sang komet pada tahun 2014 silam. Tidak hanya komet, kamu juga bisa melihat kenampakan nebula kemerahan di sisi kanan atas foto, yang dikatalogkan sebagai Messier 1 (M1). Nebula yang satu ini juga dikenal sebagai Nebula Kepiting, merupakan objek pertama dalam katalog objek langit non-komet yang disusun oleh astronom Charles Messier pada abad ke-18. Komet 67P saat ini sedang bergerak kembali ke tata surya bagian dalam, diperkirakan akan tiba di titik perihelion (jarak terdekat dari Matahari) pada 2 November 2021 mendatang. Sayangnya, komet ini terlalu redup untuk dilihat dengan mata telanjang, bahkan saat perigee (jarak terdekat ke Bumi) pada 12 November 2021 nanti.

Kredit Konten: A Comet and a Crab