Rabu, 01 September 2021

Jet Melengkung dari Dua Galaksi Aktif

Kredit Foto & Hak Cipta: Jayanne English & Ray Norris, EMU-ASKAP, DES; Text: Jayanne English (U. Manitoba)

Penjelasan: Mengapa galaksi memancarkan pancaran yang terlihat seperti hantu ini? Dan lebih jauh lagi, mengapa mereka tampak menari? Semburan melengkung dan halus dari lubang hitam supermasif di pusat dua galaksi induk (tengah atas dan kiri bawah) tidak seperti apa pun yang terlihat sebelumnya. Mereka ditemukan oleh para astronom menggunakan teleskop radio Australian Square Kilometer Array Pathfinder (ASKAP) saat membuat peta yang melacak evolusi galaksi. Gambar sebelum survei Peta Evolusi Semesta ini hanya menunjukkan gumpalan amorf. Akhirnya, perbandingan jumlah relatif energi yang dipancarkan mengungkapkan struktur memanjang bercahaya diciptakan oleh elektron yang mengalir di sekitar garis medan magnet. Melapisi data radio pada pandangan optik langit (Survei Energi Gelap) menegaskan bahwa aliran elektron berasal dari pusat galaksi aktif. Biasanya Inti Galaksi Aktif (AGN) seperti itu menghasilkan pancaran lurus. Hipotesis terkemuka untuk asal geometris bentuk anggun yang luar biasa ini melibatkan aliran angin antargalaksi skala besar.