Minggu, 22 Agustus 2021

Ledakan Nova di Rasi Bintang Ophiuchus

Kredit Ilustrasi & Hak Cipta: David A. Hardy & PPARC

Penjelasan: Ledakan spektakuler terus terjadi di sistem bintang biner bernama RS Ophiuchi. Setiap 20 tahun atau lebih, bintang raksasa merah membuang cukup banyak gas hidrogen ke bintang katai putih pendampingnya untuk memicu ledakan termonuklir yang terang di permukaan katai putih. Berjarak sekitar 5.000 tahun cahaya dari Bumi, ledakan yang disebut nova ini menyebabkan sistem RS Oph menjadi terang berkali-kali lipat sehingga bisa terlihat dengan mata telanjang. Bintang raksasa merah digambarkan di sebelah kanan gambar di atas, sedangkan katai putih berada di tengah piringan akresi terang di sebelah kiri. Saat kedua bintang ini mengorbit satu sama lain, aliran gas bergerak dari bintang raksasa ke katai putih. Para astronom berspekulasi bahwa pada suatu waktu dalam 100.000 tahun ke depan, materi yang cukup akan terakumulasi pada katai putih untuk mendorongnya melewati Batas Chandrasekhar, menyebabkan ledakan yang jauh lebih kuat dan terakhir yang dikenal sebagai supernova. Mulai awal bulan ini, RS Oph kembali terlihat meledak dalam nova yang cerah.