Minggu, 01 Agustus 2021

Melihat Planet Katai Pluto Lebih Jelas

Penjelasan: Selama ini, Pluto ternyata lebih berwarna dari yang kita kira. Diambil oleh wahana antariksa nirawak New Horizon pada Juli 2015 lalu, foto di atas menampilkan planet katai paling terkenal di tata surya kita dalam resolusi tinggi. Warna yang dipertajam secara digital pada foto ini juga menampilkan permukaan yang masih muda pada Pluto. Tidak hanya indah untuk dipandang, foto di atas juga membuka wawasan baru untuk para ilmuwan, terutama dalam meneliti keberagaman pada permukaan planet katai tersebut. Sebagai contoh, pada permukaan berbentuk hati yang berada di kanan bawah atau dikenal dengan Tombaugh Regio, kita bisa melihat perbedaan yang cukup mencolok secara geologis. Bagian paling kiri pada Tombaugh Regio tampak lebih halus daripada bagian kanannya. Bagian halus itu merupakan gletser, sedangkan yang tampak kurang halus merupakan pegunungan yang dingin. Setelah lintas dekat Pluto 7 tahun silam, saat ini New Horizon sedang melanjutkan perjalanannya hingga keluar tata surya setelah sempat melewati asteroid Arrokoth pada tahun 2019.