Jumat, 14 Mei 2021

Melihat Indahnya M104, Galaksi Sombero

Kredit Foto & Hak Cipta: Bray Falls

Penjelasan: Di suatu sudut alam semesta, 28 juta tahun cahaya jauhnya dari Bumi di arah rasi bintang Virgo, ada sebuah galaksi unik yang dijuluki sebagai Galaksi Sombrero. Dikatalogkan secara resmi sebagai Messier 104 (M104), galaksi spiral ini tidak seperti kebanyakan galaksi spiral yang pernah diamati. Dalam pandangan dari Bumi, kemiringan sang galaksi membuatnya terlihat dari sisi samping, hal yang pada akhirnya membuat wujud galaksi ini mirip seperti topi sombrero. Foto yang cukup detail dari Galaksi Sombrero ini dipotret dari permukaan Bumi menggunakan teleskop. Juga dikenal sebagai NGC 4594, galaksi ini berdiameter sekitar 50.000 tahun cahaya, salah satu galaksi terbesar di Gugus Galaksi Virgo, yang juga merupakan rumah bagi lubang hitam supermasif raksasa di pusatnya. Dalam foto ini, bintang-bintang di latar depan Galaksi Sombrero merupakan anggota bintang Galaksi Bimasakti kita. Pernahkah kamu berpikir bahwa bisa saja ada kehidupan di galaksi tersebut yang saat ini masih sulit kita cari tahu lebih jauh? Kehidupan yang tidak pernah saling membunuh seperti yang ada di Bumi?

Alih Bahasa: Riza