Sabtu, 08 Mei 2021

Pemandangan Objek Langit Jauh di Yacoraite

Kredit Foto & Hak Cipta: Franco Meconi

Penjelasan: Pemandangan langit yang seperti ini tidak bisa diamati dengan mata telanjang saja, segelap apapun kondisi langitnya. Dipotret di atas situs arkeologi Andes kuno Yacoraite di barat laut Argentina, foto ini menampilkan objek-objek langit jauh, yang hanya bisa dilihat dengan teknik pemotretan dengan eksposur panjang berjam-jam lewat kamera digital. Situs pemotretan foto ini merupakan daerah kering, yang ditandai adanya kaktus saguaro besar yang tumbuh di sana. Ada objek apa saja memangnya di langit dalam foto ini? Yang paling mencolok, kamu dapat melihat nebula berwarna kuning yang cukup unik, tercipta dari debu yang disinari oleh bintang raksasa merah Antares, bintang paling terang di rasi bintang Skorpius yang berjarak lebih dari 500 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Tepat di sebelahnya ada Rho Ophiuchi, nebula yang muncul dengan warna biru cerah. Miliaran bintang bisa juga kamu lihat pada foto ini, yang mana seluruh bintang tersebut masih merupakan bagian dari galaksi Bimasakti.

Kredit Konten: Deepscape at Yacoraite