Selasa, 27 April 2021

Video Animasi Penghancuran Bintang oleh Lubang Hitam

Kredit Video Ilustrasi: DESY, Science Communication Lab

Penjelasan: Apa yang terjadi ketika bintang berada dekat dengan lubang hitam? Seperti yang kita tahu, lubang hitam dapat melenyapkannya, tapi bagaimana bisa? Sebenarnya, hal yang menentukan dari kehancuran bintang bukanlah gaya tarik gravitasi yang tinggi dari lubang hitam, akan tetapi perbedaan gaya tarik gravitasi yang berada di seluruh area bintanglah yang memicu terjadinya hal tersebut. Video animasi di atas menggambarkan proses ini. Seiring dengan bertambahnya kecepatan orbit bintang, atmosfer luarnya akan terkikis saat perlahan mendekati lubang hitam. Sebagian besar atmosfer bintang ini menyebar ke luar angkasa, tetapi sisanya tetap mengorbit lubang hitam dan membentuk cakram akresi. Kemudian video animasi ini akan membawamu melihat lebih dekat wilayah cakram akresi lubang hitam. Dari sudut pandang ini, kita dapat melihat sisi terjauh dari cakram akresi, termasuk penampakan visual dari efek pelensaan gravitasi yang membuat seolah cahaya terlihat "dibengkokkan". Di akhir video kita akan melihat semburan jet yang penuh gas di sekitar wilayah pusat lubang hitam. Secara teori, semburan jet ini bukan hanya berisi gas yang penuh energi, tetapi juga pada prosesnya membentuk neutrino yang penuh energi. Baru-baru ini, astronom mungkin telah mendeteksi salah satu dari neutrino tersebut.

Alih Bahasa: Astuto Santosa