Rabu, 14 April 2021

Gelombang Kejut Supernova di Nebula Pensil

Kredit Foto & Hak Cipta: Greg Turgeon & Utkarsh Mishra

Penjelasan: Supernova tidak hanya dahsyat karena bintang yang begitu besar runtuh seketika, tetapi juga dapat memicu gelombang kejut ke seantero alam semesta. Salah satunya adalah supernova yang kamu lihat pada gambar di atas. Segera setelah bintang di sana meledak, gelombang kejut supernovanya menembus ruang antarbintang dengan kecepatan lebih dari 500.000 kilometer per jam. Hal tersebut menyebabkan nebula sisa-sisa supernovanya tampak memiliki bentuk yang unik, memanjang bagaikan pensil. Dikatalogkan secara resmi sebagai NGC 2736, penampilannya yang memanjang itu pun membuatnya dijuluki Nebula Pensil. Nebula sisa-sisa supernova ini memiliki panjang sekitar 5 tahun cahaya dan berjarak 800 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Ia merupakan sebagian kecil dari sisa-sisa supernova Vela yang kemungkinan meledak sekitar 11.000 tahun yang lalu. Awalnya, gelombang kejut bergerak dengan kecepatan jutaan kilometer per jam, tetapi kini telah melambat secara signifikan. Warna merah dan biru yang ditampilkan pada nebula ini berasal dari pancaran masing-masing atom hidrogen dan oksigen terionisasi.