Jumat, 26 Maret 2021

Nebula Medusa

Kredit Foto & Hak Cipta: Josep Drudis

Penjelasan: Banyak nebula di alam semesta yang memiliki bentuk-bentuk unik, mungkin ini salah satunya. Dijuluki sebagai Nebula Medusa, nebula yang dikatalogkan sebagai Abell 21 ini memiliki filamen dan gas bercahaya yang bentuknya memang menyerupai rambut di kepala Medusa, makhluk mitologi Yunani yang berwujud seorang wanita cantik dengan ular sebagai rambutnya. Nebula Medusa adalah salah satu contoh nebula planeter, awan gas yang tercipta pada akhir kehidupan bintang bermassa rendah mirip Matahari. Ketika bintang bermassa rendah kehabisan energi, mereka akan melontarkan lapisan terluarnya sebagai nebula, sementara sisa inti bintangnya akan menjadi kerdil putih. Radiasi ultraviolet dari bintang panas di dekat pusatnya membuat nebula ini terlihat begitu bercahaya. Dalam bidang pandang teleskopik ini, filamen-filamen samar terlihat membentang di atas dan kanan wilayah yang menyerupai bentuk sabit yang bercahaya. Nebula Medusa diperkirakan berukuran lebih dari 4 tahun cahaya. Dari Bumi, Nebula Medusa berada di arah rasi bintang Gemini, 1.500 tahun cahaya jauhnya dari Bumi kita.

Kredit Konten: The Medusa Nebula