Kamis, 11 Februari 2021

Mosaik Rasi Bintang Cygnus 2010-2020

Kredit Foto & Hak Cipta: J-P Metsavainio (Astro Anarchy)

Penjelasan: Foto yang tampak seperti lukisan penuh sapuan kuas dari debu antarbintang dan gas yang bercahaya ini merupakan foto pemandangan langit di dekat ujung utara Great Rift, sebuah kompleks nebula gelap yang membentang di sepanjang bidang galaksi Bimasakti hingga rasi bintang Cygnus. Dihasilkan dari data gambar yang diambil selama lebih dari satu dekade dengan waktu potret mencapai 400 jam lamanya, mosaik yang menakjubkan ini membentang sekitar 28x18 derajat di langit. Bintang Alfa Cygnus atau Deneb yang terang, panas, dan berukuran super raksasa terlihat berada di sebelah kiri gambar. Bintang Deneb sendiri juga dikenal sebagai salah satu anggota dari asterisma segitiga musim panas. Dipenuhi oleh bintang dan awan gas yang bercahaya, Cygnus juga merupakan rumah bagi nebula gelap yang dikenal sebagai Nebula Coalsack dan nebula pembentuk bintang NGC 7000 dan IC 5070, yang masing-masing dijuluki sebagai Nebula Amerika Utara dan Nebula Pelikan. Selain nebula-nebula tersebut, banyak nebula dan gugus bintang lainnya yang dapat terlihat pada pemandangan kosmik yang indah ini.

Alih Bahasa: Astuto Santosa