Jumat, 29 Januari 2021

Pemandangan Langit Malam di Amerika Utara

Kredit Foto Komposit & Hak Cipta: Liron Gertsman

Penjelasan: Pada 21 Januari kemarin, cahaya Bulan yang sedang berada dalam fase perbani awal menerangi latar depan dalam pemandangan gunung bersalju dan langit malam ini. Dikenal sebagai The Lions, sepasang puncak gunung yang indah ini terletak di sebelah utara Vancouver, British Colombia, Kanada, Amerika Utara. Tepat di atas puncak kembar, di sebelah kanan adalah bintang Deneb, bintang paling terang di rasi bintang Cygnus dan di sebelah kirinya adalah emisi kemerahan atom hidrogen dari NGC 7000 (Nebula Amerika Utara) dan IC 5070 (Nebula Pelikan). Dua nebula terang ini berjarak sekitar 1.500 tahun cahaya jauhnya, mereka merupakan daerah pembentuk bintang besar dan kompleks di galaksi kita. Potret pemandangan langit malam yang indah ini merupakan gabungan dari eksposur berurutan yang diambil dengan kamera digital dan lensa telefoto yang telah dimodifikasi. Gambar latar depan dipotret menggunakan kamera yang dipasangi tripod, sedangkan gambar latar belakang dipotret dengan tiga filter. Hasilnya adalah gambar di atas yang menampilkan detail alami dari puncak The Lions yang dikombinasikan dengan warna dari nebula yang tidak dapat dilihat sendiri oleh mata telanjang.

Alih Bahasa: Achmad Ardani Prasha