Rabu, 09 Desember 2020

Runtuhnya Teleskop Radio Arecibo

Kredit Video: Arecibo Observatory, NSF

Penjelasan: Mulai beroperasi sejak tahun 1963, Observatorium Arecibo telah menjadi salah satu pusat penelitian radio astronomi dan rumah bagi teleskop ikonik yang populer sebagai latar tempat film James Bond berjudul Golden Eye dan Contact yang diadaptasi dari novel karya Carl Sagan. Dengan diameter 305 meter, teleskop yang berada di Puerto Rico ini telah bertahan selama lebih dari 50 tahun sebagai teleskop radio tunggal terbesar di dunia. Teleskop radio Arecibo telah menjadi batu pijakan bagi beberapa penemuan dalam dunia astronomi, seperti pengukuran rotasi Merkurius, pemetaan permukaan Venus, penemuan planet pertama di luar Tata Surya, pembuktian keberadaan radiasi gravitasi, pencarian kehidupan ekstraterestrial, dan bahkan juga mendeteksi radar militer dengan bantuan pantulan bayangan dari Bulan. Namun, pada awal bulan ini, teleskop tersebut hancur dan sedang dalam proses penonaktifan setelah mengalami kerusakan parah pada piringan teleskop yang diakibatkan oleh jatuhnya salah satu platform receiver seberat 900 ton. Platform tersebut menimpa piringan reflektor dari ketinggian lebih dari 137 meter, seperti yang tampak pada video di atas.

Alih Bahasa: Astuto Santosa