Selasa, 01 Desember 2020

NGC 346: Klaster Pembentukan Bintang di AMK

Kredit Foto & Lisensi: NASA, ESA, Hubble; Pemroses: Judy Schmidt

Penjelasan: Apakah ada bintang yang masih dalam proses pembentukan di Galaksi Bimasakti? Melihat lebih dalam ke Awan Magellan Kecil (AMK), kamu dapat menemukan NGC 346, sebuah wilayah pembentukan bintang berukuran 200 tahun cahaya, seperti yang ditampilkan pada foto dari Teleskop Antariksa Hubble ini. Awan Magellan Kecil merupakan galaksi satelit dari Bimasakti yang berjarak sekitar 210.000 tahun cahaya dari Bumi di arah rasi bintang Tucana. Pada NGC 346, para astronom telah mengidentifikasi sebuah populasi bintang embrionik yang memanjang dalam kegelapan, seperti yang dapat kamu lihat pada kanan gambar. Pada bagian atas gambar, kamu dapat menemukan klaster bintang lain yang dipenuhi oleh bintang-bintang yang lebih tua dan berwarna kemerahan. Galaksi kecil seperti Awan Magellan Kecil ini merupakan tipe galaksi yang umum ditemukan di masa-masa awal pembentukan alam semesta. Oleh karena itu, galaksi-galaksi kecil diduga merupakan cikal bakal keberadaan galaksi-galaksi besar yang dapat ditemui saat ini.

Alih Bahasa: Naufal Farras