Rabu, 04 November 2020

Ilustrasi 50 Gelombang Gravitasi

Kredit Foto: LIGO Virgo Collaborations, Frank Elavsky, Aaron Geller, Northwestern U.

Penjelasan: Ada berapa jenis gelombang yang kamu ketahui? Jika kamu masih ingat gelombang transversal dan longitudinal, berarti kamu telah berhasil memahami materi gelombang di SMA dengan baik. Akan tetapi, di alam semesta kita ternyata masih banyak jenis gelombang lain yang bentuknya tak terlihat, misalnya gelombang gravitasi. Hingga saat ini, para ilmuwan telah berhasil menemukan lebih dari 50 gelombang gravitasi terjadi di alam semesta kita. Penyebab gelombang ini terjadi diantaranya dikarenakan tabrakan dua buah lubang hitam, tabrakan lubang hitam dengan bintang neutron atau tabrakan dua bintang neutron. Sebagian besar dari 50 gelombang ini telah dideteksi di tahun 2019 oleh detektor gelombang gravitasi LIGO di AS dan VIRGO di Eropa. Dalam ilustrasi ini, yang menggambarkan 50 titik gelombang gravitasi, titik biru merepresentasikan lubang hitam dengan massa yang lebih besar dan titik oranye merepresentasikan bintang neutron dengan massa lebih rendah. Titik berwarna putih yang berada di tengah antara titik biru dan titik oranye masih belum diketahui peristiwa apa yang terjadi. Dengan memahami gelombang gravitasi, tidak hanya kelahiran dan kematian bintang yang saja dapat kita ketahui, tetapi juga kita dapat memahami karakteristik alam semesta itu sendiri.

Alih Bahasa: Windy