Minggu, 25 Oktober 2020

Ilustrasi Materi Gelap di Alam Semesta

Kredit Ilustrasi & Hak Cipta: Tom Abel & Ralf Kaehler (KIPAC, SLAC), AMNH

Penjelasan: Apakah alam semesta kita menyeramkan? Mungkin iya, bila kita melihat peta materi gelap ini. Gravitasi materi gelap yang tak terlihat adalah penyebab utama mengapa galaksi berputar begitu cepat, mengapa galaksi mengorbit begitu cepat, mengapa lensa gravitasi membelokkan cahaya begitu kuat, dan mengapa materi yang tampak didistribusikan secara merata di alam semesta lokal dan pada latar belakang gelombang mikro kosmik. Ilustrasi dari Planetarium Hayden milik American Museum of Natural History di atas menyoroti bagaimana materi gelap ada di alam semesta kita. Ilustrasi yang dibuat dari simulasi komputer ini menampilkan adanya filamen kompleks dari materi gelap, yang ditunjukkan dalam warna hitam, bertebaran di alam semesta seperti jaring laba-laba. Sementara itu, warna oranye pada ilustrasi ini merepresentasikan materi biasa yang tampak oleh mata. Simulasi ini merupakan hasil statistik yang terbaik untuk pengamatan astronomi, khususnya terhadap materi gelap. Namun, walaupun masih menjadi misteri, materi gelap tidak lagi dianggap sebagai sumber gravitasi paling aneh di alam semesta. Kehormatan itu sekarang diberikan kepada energi gelap, energi bertekanan negatif yang mengisi alam semesta yang diyakini sebagai penyebab alam semesta kita mengembang.

Alih Bahasa: Indriani Iskandar