Jumat, 09 Oktober 2020

Bulan Terbenam dan Teleskop Very Large Array

Kredit Foto: Jeff Hellermann, NRAO / AUI / NSF

Penjelasan: Pemandangan Bulan terbenam dan deretan piringan antena raksasa Teleskop Radio Karl G. Jansky Very Large Array (VLA) yang menjulang di atas gurun New Mexico ini sangatlah indah dan penuh inspirasi. Terdiri atas 27 buah antena radio yang masing-masing memiliki diameter 25 meter, masing-masing antena ini dapat dipindahkan ke berbagai posisi dengan menggunakan lokomotif khusus dan dapat diatur ke dalam susunan yang mencakup ukuran satu kota (35 kilometer). VLA telah digunakan untuk membantu menghasilkan sejumlah penemuan seperti adanya air di planet Merkurius, korona terang di sekitar bintang, mikro-quasar di Galaksi kita, efek lensa gravitasi, dan fenomena semburan sinar gamma. Ukurannya yang besar memungkinkan para astronom mempelajari detail galaksi radio, jet kosmik, dan memetakan pusat Bimasakti kita sendiri. Sekarang 40 tahun sejak dedikasinya, VLA telah digunakan di lebih dari 14.000 proyek pengamatan dan berkontribusi pada lebih dari 500 disertasi. Pada tanggal 10 Oktober, National Radio Astronomy Observatory akan menyelenggarakan perayaan daring ulang tahun VLA ke-40 yang akan menyajikan tur virtual dan presentasi tentang sejarah, operasi, sains, dan masa depan Very Large Array.