Rabu, 30 September 2020

Menikmati Citra Nebula dengan Suara

Penjelasan: Representasi visual dari citra kosmis yang ditangkap teleskop luar angkasa memang memberikan gambar yang menakjubkan pada kita, namun bagaimana bila kita juga menikmati citra tersebut dengan indra yang lain, seperti dengan indra pendengaran? Pilar Penciptaan adalah salah satu objek menakjubkan dari luar angkasa yang pernah dipotret manusia. Objek ini merupakan bagian paling terkenal dari Nebula Elang atau Nebula M16, dinamakan demikian karena gas dan debu pada area yang terlihat seperti pilar-pilar ini berada dalam proses pembentukan bintang-bintang baru. Berjarak sekitar 6.500 tahun cahaya di arah rasi bintang Serpens, Pilar Penciptaan saat ini sedang dalam fase keruntuhannya karena terkikis oleh sinar ultraviolet dan angin yang kuat dari gugusan bintang masif M16. Dirilis bulan ini, video di atas menampilkan salah satu dari tiga citra Pilar Penciptaan yang berhasil disonifikasikan. Sonifikasi adalah proses menerjemahkan data menjadi suara dan sebuah proyek baru menghadirkan Pilar Penciptaan kepada pendengar untuk pertama kalinya. Proyek sonifikasi ini berhasil mengubah data kombinasi citra Pilar Penciptaan dari cahaya tampak oleh Teleskop Antariksa Hubble dan sinar X oleh Teleskop Chandra menjadi suara. Proses pengubahan ini dimulai dari bagian kiri gambar menuju bagian kanan dengan suara yang dihasilkan berasal dari posisi dan kecerlangan suatu objek pada gambar. Semakin atas posisi suatu objek maka data visual akan diubah menjadi suara yang dengan nada yang semakin tinggi, sedangkan semakin terang suatu objek maka data visual akan diubah menjadi suara dengan volume yang lebih keras. Dari proses tersebut, dihasilkanlah video di atas yang memperdengarkan suara Pilar Penciptaan dengan nuansa magis dari nada rendah ke tinggi dan kemudian kembali ke rendah.

Alih Bahasa: Astuto Santosa