Selasa, 29 September 2020

GW Orionis: Sistem Bintang dengan Cincin

Kredit Ilustrasi Animasi: ESOU. ExeterS. Kraus et al., L. Calçada

Penjelasan: Sistem keplanetan dengan tiga bintang di dalamnya sangat jarang ditemukan di alam semesta, apalagi ketiga bintang itu dikelilingi planet. Namun, sistem GW Orionis menunjukkan bahwa sistem keplanetan yang janggal itu ada dan planet-planetnya terbentuk dan mengorbit dalam cara yang berbeda-beda. Sebagai perbandingan, semua planet dan bulan di Tata Surya mengorbit dengan cara yang hampir sama. Sistem tiga bintang GW Orionis memiliki piringan materi yang miring dan melengkung, terdiri atas cincin gas dan kerikil halus. Animasi di atas menggambarkan sistem GW Orionis yang diperoleh dari data hasil pengamatan melalui Very Large Telescope milik European Southern Observatory dan teleskop ALMA di Chile. Bagian awal dari animasi tersebut menunjukkan pemandangan menyeluruh sistem GW Orionis dari jarak orbit yang jauh, kemudian bagian selanjutnya kita akan dibawa untuk melihat bagian dalam cincin gas GW Orionis dengan ketiga bintangnya yang mengorbit pada titik pusat massa yang sama. Animasi ini juga mengindikasikan bahwa bintang-bintang pada sistem multi-bintang seperti GW Orionis dapat mencabik-cabik piringan materi di sekelilingnya dan menjadi cincin pembentuk planet ekstrasurya.

Alih Bahasa: Windy