Senin, 31 Agustus 2020

SS 433: Mikro Kuasar Bintang Biner

Penjelasan: Salah satu sistem bintang paling eksotis yang pernah diketahui adalah SS 433. Bagaimana tidak, sistem bintang ini memancarkan radiasi atom hidrogen. Diperkirakan, salah satu anggota dalam sistem ini kemungkinan lubang hitam atau bintang neutron, yang mana telah menghasilkan cakram akresi disertai semburan material energi (disebut jet) yang sangat kuat, seperti yang terlihat pada video. Karena cakram akresi dan semburan jet pada sistem SS433 ini menyerupai cakram akresi yang berada di sekitar lubang hitam supermasif, sistem bintang ini pun dianggap sebagai mikro kuasar. Video animasi di atas ini merupakan hasil dari data pengamatan yang menggambarkan sebuah bintang masif panas mengalami penguncian orbit oleh gravitasi lubang hitam. Pada awal video terlihat gravitasi lubang hitam yang terus-menerus menghisap material dari bintang tersebut. Material ini terkumpul menjadi sebuah cakram akresi sebelum akhirnya terperangkap dalam cengkeraman lubang hitam. Namun, tidak semua material dari bintang ini masuk ke dalam lubang hitam, sebagian ada yang dihempaskan ke luar angkasa dalam arah yang berlawanan, ada yang ke atas dan ada yang ke bawah, dengan kecepatan 1/4 kecepatan cahaya. SS 433 ditemukan secara tidak sengaja melalui instrumen HAWC di Meksiko yang memancarkan sinar gamma berenergi tinggi.

Alih Bahasa: Achmad Ardani Prasha