Kamis, 27 Agustus 2020

Galaksi Cangkang di Rasi Bintang Pises

Kredit Foto & Hak Cipta: Martin Pugh

Penjelasan: Pemandangan langit antargalaksi ini menampilkan sebuah sistem galaksi yang dikatalogkan sebagai Arp 227, sekitar 100 juta tahun cahaya jauhnya dari Bumi kita. Teramati di arah rasi bintang Pises, Arp 227 terdiri dari dua galaksi besar yang bisa kamu lihat pada bagian kanan tengah foto ini, yakni galaksi berbentuk cangkang yang dikatalogkan sebagai NGC 474 dan tetangganya yang merupakan galaksi spiral NGC 470. Mengapa salah satu galaksi dalam gugus galaksi ini berbentuk cangkang? Rupanya, NGC 474 terkoyak akibat interaksi gravitasi dengan NGC 470. Bentuk cangkang muncul juga karena NGC 474 ini rajin mencaplok galaksi-galaksi kecil tetangganya, sehingga menghasilkan efek yang serupa dengan riak di permukaan kolam air yang tenang. Galaksi besar di sisi kiri atas foto ini, NGC 467, tampak juga memiliki bentuk cangkang meski tidak sejelas NGC 474. Dalam foto ini, kamu juga bisa menemukan galaksi-galaksi yang terletak lebih jauh, sementara setiap titik cahaya pada foto merupakan bintang-bintang milik Galaksi Bimasakti kita.

Kredit Konten: Shell Galaxies in Pisces