Rabu, 08 Juli 2020

Ekor Sodium pada Merkurius

Kredit Foto & Hak Cipta: Andrea Alessandrini

Penjelasan: Bukan, ini bukanlah foto sebuah komet NEOWISE yang sedang hangat diperbincangkan. Citra eksposur panjang ini menampilkan Merkurius, planet paling dekat Matahari di tata surya kita, yang memiliki sesuatu yang tidak terduga: Ekor. Iya, ekor. Atmosfer tipis Merkurius rupanya mengandung sejumlah kecil sodium yang dapat bercahaya saat tereksitasi oleh cahaya Matahari. Pada saat yang bersamaan, sinar Matahari juga menghempaskan molekul-molekul sodium ini dari Merkurius dan mendorongnya menjauh. Dalam foto ini, Merkurius dan ekor sodiumnya dapat terlihat. Foto yang dipotret pada akhir Mei 2020 dari Italia ini diambil melalui filter yang mentransmisikan cahaya kuning yang dipancarkan oleh sodium. Diprediksi pertama kali pada 1980-an, ekor Merkurius berhasil ditemukan pertama kali pada tahun 2001. Banyak detail ekor ini yang terungkap dalam berbagai pengamatan oleh wahana antariksa nirawak MESSENGER milik NASA yang mengorbit Merkurius antara tahun 2011 dan 2015. Yup, planet juga bisa punya ekor.

Kredit Konten: Mercury's Sodium Tail