Minggu, 07 Juni 2020

Cincin Halo Nebula Mata Kucing

Kredit Foto & Hak Cipta: R. Corradi (Isaac Newton Group), Nordic Optical Telescope

Penjelasan: Selain menjadi salah satu nebula planeter yang paling terkenal di langit, Nebula Mata Kucing atau yang dikatalogkan sebagai NGC 6543 juga menyimpan banyak misteri, salah satunya adalah keberadaan cincin halo di sekitarnya. Cincin halo yang menyelubungi nebula ini berukuran sangat besar, terdiri dari gas antarbintang, tetapi juga sangat redup. Lebarnya diperkirakan mencapai tiga tahun cahaya. Foto di atas sendiri adalah komposit dari citra yang diambil lewat Teleskop Optik Nordic yang berada di Kepulauan Kanaria. Dalam foto tersebut, kamu juga dapat melihat emisi dari gas yang dilepaskan oleh bintang-bintang tua dalam proses kematiannya yang lambat. Nebula planeter seperti ini merupakan tahap akhir dari bintang mirip Matahari ketika mencapai akhir hidup mereka. Satu hal yang menarik adalah, cincin halo pada nebula ini kemungkinan terbentuk sejak tahap awal dari evolusi bintangnya, sedangkan nebula planeter ini diperkirakan baru saja terbentuk sejak sekitar 10.000 tahun yang lalu.

Kredit Konten: Halo of the Cat's Eye