Kamis, 14 Mei 2020

Komet Halley versus Komet SWAN

Kredit Foto & Hak Cipta: Luc Perrot (TWAN)

Penjelasan: Dini hari menjelang terbit fajar pada tanggal 3 Mei 2020 kemarin, sebuah debu kosmis melesat melintasi langit arah selatan di atas Pulau Reunion. Dikenal sebagai meteor, debu kosmis tersebut masuk ke atmosfer Bumi ketika planet kita menerobos segerombolan meteoroid pada bekas jalur orbit yang pernah dilewati Komet 1/P Halley. Termasuk dalam hujan meteor Eta Akuarid, meteor pada sisi kanan gambar di atas ini dengan kata lain adalah bagian dari Komet 1/P Halley itu, komet legendaris yang muncul setiap 76 tahun sekali. Menariknya, dalam gambar ini, kita bisa melihat komet lainnya yang masih utuh. Muncul dengan cahaya kehijauan di dekat tengah gambar, ia adalah Komet C/2020 F8 (SWAN). Apa perbedaan dari kedua objek ini? Meteor dari pecahan Komet Halley bergerak cepat memasuki orbit Bumi, sementara Komet SWAN berada jauh di luar orbit Bumi, mengelilingi Matahari. Komet SWAN sendiri akan mencapai jarak terdekatnya dengan Matahari pada 27 Mei 2020. Jika tidak pecah, dia bisa diamati pada awal Juni 2020.

Alih Bahasa: Riza Miftah Muharram