Senin, 17 Februari 2020

Perubahan Permukaan Betelgeuse yang Kian Meredup

Kredit Foto: ESO, M. Montargès dkk.

Penjelasan: Masih ingat dong dengan kabar meredupnya Betelgeuse? Selain meredup, Betelgeuse juga berubah bentuk, lho. Sang bintang super raksasa merah di rasi bintang Orion ini sangatlah besar sampai-sampai teleskop di Bumi bisa melihat permukaannya yang terang, walaupun belum terlalu jelas. Seperti pada kedua gambar di atas yang dipotret dengan Very Large Telescope (VLT) milik Observatorium Eropa Selatan (ESO), permukaan Betelgeuse tampak berubah. Gambar kiri, yang diambil pada Januari 2019, memperlihatkan permukaan Betelgeuse yang lebih terang daripada gambar kanan, yang diambil pada Desember 2019, ketika permukaan Betelgeuse lebih redup. Betelgeuse memang merupakan bintang variabel, yang memiliki tingkat kecerahan yang naik dan turun secara reguler. Walau begitu, meredupnya cahaya Betelgeuse yang sekarang ini rupanya lebih redup daripada yang pernah terjadi di masa lalu. Dan itulah yang menyebabkan munculnya beberapa spekulasi Betelgeuse akan meledak dalam supernova. Berjarak hampir 700 tahun cahaya, kemungkinan ia sudah meledak dalam supernova dan kita belum menyadarinya hingga ribuan tahun ke depan, yang akan menjadi pertunjukan cahaya yang sangat cemerlang di langit malam.

Alih Bahasa: Achmad Ardani Prasha