Jumat, 31 Januari 2020

Zona Goldilocks di Berbagai Bintang

Kredit Infografik: NASA ESA, Z. Levy (STScI)

Penjelasan: Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan zona Goldilocks? Sederhananya, zona ini merupakan area laik huni di orbit sebuah bintang di mana jika ada planet di sana suhunya tidak akan terlalu panas dan tidak terlalu dingin untuk air dalam bentuk cair bisa ada di permukaannya. Nah, infografik di atas ini menggambarkan bagaimana ukuran zona Goldilocks berbeda-beda tergatung jenis bintangnya. Semakin kecil bintang, zona Goldilocksnya semakin sempit. Namun, semakin kecil bintang, usianya akan lebih panjang (bisa sampai sekitar 100 miliar tahun), sekaligus lebih berbahaya bagi kehidupan untuk bisa eksis. Sebab, bintang-bintang kelas M diketahui memiliki medan magnet yang sangat aktif dan dapat menghasilkan terlalu banyak radiasi yang berbahaya bagi kehidupan. Bayangkan saja, bintang kelas M memancarkan radiasi sinar-X 400 kali lebih banyak daripada yang Matahari, bintang kelas G, hasilkan. Menariknya, 73% bintang di Bimasakti merupakan bintang kelas M, dengan hanya 6% di antaranya adalah bintang sejenis Matahari.

Alih Bahasa: Riza Miftah Muharram