Selasa, 21 Januari 2020

Suara Angin Matahari dari Parker Solar Probe

Penjelasan: Angin Matahari adalah sebuah aliran partikel bermuatan yang bergerak cepat berembus dari Matahari, tapi tahukah kamu bagaimana suara angin Matahari? Untuk membantu mengetahuinya, data variabel penelitian yang dikumpulkan oleh wahana antariksa milik NASA, Parker Solar Probe, yang sedang meneliti area dekat Matahari, diubah menjadi suara. Hasilnya, kamu bisa lihat pada video di atas, yang memperdengarkan beberapa gema yang berbeda dari aliran partikel angin Matahari. Di detik-detik awal video, terdengar suara yang menyeramkan yang berasal dari osilasi plasma atau disebut juga dengan gelombang Langmuir, getaran cepat yang ditimbulkan oleh kerapatan elektron. Selanjutnya terdengar suara seperti badai yang sebenarnya berasal dari gelombang elektromagnetik yang terpolarisasi lalu menyebar yang dikenal dengan istilah Whistler Mode Waves. Sementara suara aneh pada akhir video ditimbulkan oleh gelombang dispersif. Tidak hanya suara dari angin Matahari saja, Dalam video selang waktu (timelapse) di atas yang direkam dengan kamera pada bagian samping PSP yang dipasang di belakang pelindung panas merekam sesuatu yang juga tak kalah mengesankan, ialah planet-planet tata surya yang bermunculan berturut-turut mulai dari Bumi, Jupiter, Merkurius, dan Venus. Semburan sinar kosmik yang kuat dapat disaksikan pula dalam video tersebut. Temuan mengejutkan dari PSP mengungkap bahwa karakteristik angin Matahari di dekat Merkurius berbeda dengan yang berada di dekat Bumi, penelitian lebih lanjut sedang dilakukan untuk mengetahui perbedaannya.

Alih Bahasa: Achmad Ardani Prasha