Senin, 09 September 2019

M31: Galaksi Andromeda

Kredit Foto & Hak Cipta: Amir H. Abolfath (TWAN)

Penjelasan: Objek paling jauh yang dapat dengan mudah terlihat oleh mata tanpa bantuan teleskop adalah M31, Galaksi Andromeda yang luar biasa, berjarak lebih dari dua juta tahun cahaya. Tanpa teleskop, bahkan galaksi spiral yang sangat besar ini tampak hanya sebagai awan biasa, yang samar-samar di konstelasi Andromeda. Namun, pusat galaksi berwarna kuning cerah, jalur debu berliku gelap, lengan spiral biru bercahaya, dan nebula emisi merah terang terekam dalam mosaik digital teleskopik enam jam yang menakjubkan dari tetangga galaksi utama terdekat galaksi Bimasakti ini. Sementara bahkan para pengamat langit amatir sekarang terinspirasi oleh pengetahuan bahwa terdapat banyak galaksi yang jauh seperti M31, para astronom secara serius memperdebatkan konsep mendasar ini sejak 100 tahun yang lalu. Apakah "nebula spiral" ini hanyalah awan gas yang berada di galaksi Bimasakti atau merupakan "pulau semesta" - galaksi bintang-bintang yang jauh dan sebanding dengan galaksi Bimasakti itu sendiri? Pertanyaan ini penting saat debat Shapley-Curtis yang terkenal pada tahun 1920, yang kemudian diselesaikan dengan pengamatan bahwa galaksi Andromeda adalah sama seperti galaksi Bimasakti - sebuah kesimpulan yang membuat seluruh alam semesta menjadi tampak jauh lebih luas daripada yang pernah dibayangkan banyak orang.

Alih Bahasa: Indriani Iskandar