Rabu, 19 Juni 2019

Pusat Magnetik Galaksi Bimasakti

Kredit Foto: NASA, SOFIA, Hubble

Penjelasan: Seperti apa medan magnet di pusat Galaksi Bimasakti kita? Untuk mengetahuinya, SOFIA milik NASA - sebuah observatorium yang terbang dengan Boeing 747 yang dimodifikasi - mencitrakan wilayah tengah galaksi Bimasakti dengan instrumen yang dikenal sebagai HAWC +. HAWC + memetakan magnetisme dengan mengamati cahaya inframerah terpolarisasi yang dipancarkan oleh butiran debu memanjang yang berputar sejajar dengan medan magnet lokal. Saat ini di pusat Bimasakti, terdapat lubang hitam supermasif dengan kegemaran mengabsorpsi gas dari bintang yang hancur. Namun, lubang hitam galaksi Bimasakti relatif tenang dibandingkan dengan laju absorpsi lubang hitam pusat di galaksi aktif. Gambar yang ditampilkan ini memberikan petunjuk mengapa - medan magnet yang berada di sekitarnya dapat menyalurkan gas ke dalam lubang hitam - yang menerangi bagian luarnya, atau mendorong gas ke dalam pola penahanan cakram-akresi, yang menyebabkannya menjadi kurang aktif - setidaknya untuk sementara. Inspeksi gambar yang ditampilkan - mungkin tampak seperti gabungan surealis dari seni impasto dan astrofisika gravitasional - memunculkan petunjuk ini dengan merinci medan magnet di dalam dan di sekitar cincin berdebu yang mengelilingi Sagitarius A *, lubang hitam di pusat Bimasakti kita.

Alih Bahasa: Indriani Iskandar