Kamis, 15 Maret 2018

Anggota Katalog Nomor 1

Kredit Foto & Hak Cipta: Bernhard Hubl (CEDIC)

Penjelasan: Setiap perjalanan memiliki langkah pertama dan setiap katalog benda langit pasti memiliki anggota pertama. Dalam gambar di atas, inilah para anggota pertama di enam katalog benda langit yang terkenal. Dari kiri atas hingga kanan bawah, gambar ini diurutkan menurut kronologis kapan katalognya dipublikasikan. Mulai dari katalog Messier yang dibuat oleh astronom Charles Messier pada tahun 1774, anggota nomor 1 pada katalognya adalah M1, sebuah sisa supernoa yang dijuluki sebagai Nebula Kepiting. Selanjutnya, ada NGC (New General Catalog), yang dibuat oleh astronom J.L.E. Dreyer, diterbitkan pada tahun 1888, yang anggota pertamanya adalah NGC-1, sebuah galaksi spiral di Pegasus. Dreyer juga menyusun katalog di sebelahnya, yakni katalog IC (Index Catalog), dengan IC 1 yang merupakan bintang biner. Tak kalah menakjubkan, ada katalog Barnard pada panel kiri bawah yang menampilkan Barnard 1, sebuah awan molekuler gelap yang dikatalogkan pada tahun 1919 oleh astronom E.E. Barnard. Di sebelah kanannya, ada Abell 1, sebuah gugus galaksi di Pegasus yang merupakan anggota pertama katalog Abell buatan George Abell di tahun 1958. Panel terakhir dipusatkan pada vdB 1, sebuah nebula di rasi bintang Kasiopeia, yang dikatalogkan oleh astronom Sidney van den Bergh pada tahun 1966.

Kredit Konten: Catalog Entry Number 1