Senin, 07 Agustus 2017

Cincin Galaksi Spiral NGC 1512

Kredit Foto: NASA, ESA, Teleskop Antariksa Hubble

Penjelasan: Kebanyakan galaksi tidak memiliki cincin, tetapi galaksi ini bahkan memiliki 2 cincin! Pita terang yang berada di dekat pusat galaksi NGC 1512 adalah cincin inti, cincin yang mengelilingi pusat galaksi dan bersinar terang bersama bintang-bintang yang baru terbentuk. Tetapi, sebagian besar bintang dan gas serta debu yang mengorbit pusat galaksi berada dalam cincin yang jauh dari pusat galaksi, yaitu di pinggiran galaksi. Namun anehnya, cincin yang jauh ini disebut sebagai, cincin dalam. Jika dilihat lebih dekat, akan terlihat bahwa cincin dalam ini terhubungkan dengan pusat galaksi melalui fitur batang tengah yang melintasi galaksi secara horizontal. Struktur cincin-cincin ini diduga disebabkan oleh bentuk asimetri dari NGC 1512 itu sendiri dalam proses evolusi yang berlangsung sangat lambat dan terus menerus. Gravitasi dari sifat asimiteri galaksi ini, termasuk bintang yang berada di batang galaksi, menyebabkan gas dan debu tertarik dari cincin dalam ke cincin inti, meningkatkan kecepatan pembentukan bintang di cincin inti. Beberapa galaksi spiral juga memiliki cincin ketiga, yaitu cincin luar yang mengelilingi galaksi yang terletak sangat jauh dari pusat galaksi.

Konten Kredit: Spiral Galaxy NGC 1512: The Inner Ring