Selasa, 01 Maret 2022

Duel Dua Bentangan Cahaya di Langit Malam

Kredit Foto & Hak Cipta: Jeff Dai (TWAN)

Penjelasan: Jika ingin mengamati objek-objek langit dengan lebih detail, maka carilah lokasi pengamatan yang cukup gelap pada malam hari. Seperti dalam foto ini, seorang fotografer berhasil mengabadikan momen di mana terdapat dua bentangan cahaya di langit yang sedang berdampingan. Cahaya apakah itu? Dipotret di atas danau beku di Kanding, Sichuan, Cina, bentangan cahaya di sebelah kanan adalah bentangan galaksi Bimasakti kita, dengan ciri khas memiliki tekstur titik-titik dari cahaya bintang terang dan banyak bercak berwarna gelap. Sedangkan bentangan cahaya yang berada di sebelah kiri disebut sebagai cahaya zodiak, merupakan refleksi cahaya Matahari yang menyinari debu antarplanet yang mengorbit Matahari. Cahaya zodiak sangat baik diamati tepat ketika Matahari terbenam, khususnya selama bulan Maret dan April ini. Menurut pengamatan para astronom, debu antarplanet yang membentuk cahaya zodiak sebagian besar berasal dari komet yang menguap karena diterjang radiasi Matahari. Kedua bentangan cahaya ini hanya dapat dilihat jika langit lokasi pengamatan benar-benar gelap tanpa tercemar polusi cahaya.

Alih Bahasa: Windy