Kamis, 24 Februari 2022

Cantiknya Albireo AB

Kredit Foto & Hak Cipta: Robert Eder

Penjelasan: Ketika diamati dengan mata telanjang, Beta Cygni, bintang paling terang kedua di rasi bintan Cygnus, tampak seperti bintang terang tunggal. Berjarak sekitar 420 tahun cahaya jauhnya dari Bumi, ia sebenarnya bukan satu bintang, lho. Jika diamati lewat teleskop kecil, kamu bisa melihat dua bintang sekaligus pada bintang ini. Beta Cygni juga dikenal sebagai Albireo, masing-masing bintangnya diberi nama Albireo A dan Albireo B. Perbedaan warna yang mencolok antara kedua bintang itu bisa kamu lihat dalam foto teleskopik ini, bersama dengan spektrum cahaya kedua bintang yang terlihat di sebelah kanan. Albireo A, menurut spektrumnya, menunjukkan bahwa ia merupakan bintang raksasa tipe-K, lebih dingin dari Matahari dan memancarkan sebagian besar energinya pada panjang gelombang kuning dan merah. Sementara Albireo B memiliki spektrum bintang deret utama yang jauh lebih panas daripada Matahari, memancarkan lebih banyak energi dalam warna biru dan ungu. Meski tampak dekat, Albireo A dan B hanya merupakan bintang ganda optik, bukan sistem biner fisik, yang dengan kata lain keduanya tidak terikat secara gravitasi, melainkan hanya kebetulan tampak berdekatan saja dalam pandangan dari Bumi.

Kredit Konten: Beautiful Albireo AB