Selasa, 22 Februari 2022

Ilustrasi Wujud Quasar Paling Awal di Semesta

Kredit Ilustrasi & Lisensi: ESO, M. Kornmesser

Penjelasan: Pernahkah kamu penasaran seperti apa wujud dari quasar pertama yang terbentuk di alam semesta? Menurut pengamatan, quasar terdekat dari kita saat ini diketahui memiliki hubungan erat dengan lubang hitam supermasif di pusat galaksi yang aktif. Gas dan debu yang jatuh ke arah quasar terdekat tersebut bersinar terang, bahkan terkadang melebihi kecerlangan seluruh galaksi induknya. Nah, sementara itu, untuk quasar yang terbentuk pada miliaran tahun pertama dari pembentukan alam semesta memiliki wujud yang lebih misterius. Seperti yang ditampilkan ilustrasi di atas, data terbaru dari pengamatan para astronom telah memungkinkan kita untuk memvisualkan bagaimana wujud quasar yang terbentuk pada masa alam semesta awal semirip mungkin dengan aslinya. Dalam ilustrasi tersebut, quasar ini terlihat berpusat pada lubang hitam raksasa, dikelilingi oleh cakram dan piringan gas yang lebar, serta mengeluarkan jet yang kuat di kedua kutubnya. Quasar sendiri merupakan salah satu objek terjauh yang dapat kita lihat dan memberikan informasi menarik tentang awal alam semesta dan masa setelahnya kepada umat manusia. Quasar tertua yang diketahui saat ini terlihat tidak jauh dari pergeseran merah 8, atau hanya 700 juta tahun setelah Big Bang, ketika alam semesta baru berusia beberapa persen dari usianya saat ini.

Alih Bahasa: Astuto Santosa