Rabu, 09 Februari 2022

Eta Carinae: Visualisasi 3D dari Bintang Paling Berbahaya yang Pernah Diketahui

Kredit Video: NASA, CXC, April Hobart; Naskah: Michael F. Corcoran (NASA, Catholic U., HEAPOW)

Penjelasan: Tahukah kamu apa bintang paling berbahaya dekat Bumi? Eta Carinae, sebuah sistem bintang biner yang berjarak 10.000 tahun cahaya dari Bumi. Sempat mengalami ledakan supernova pada tahun 1840-an, ia menjadi bintang paling terang di langit arah selatan pada saat itu. Namun, tak lama setelahnya, bintang bermassa sekitar 100 kali massa Matahari ini berangsur-angsur meredup. Uniknya, bintang tersebut tidak hancur saat ledakan supernova, terjadi melainkan bersembunyi di balik struktur lobus ganda (berbentuk dua bola raksasa) berisi gas dan debu yang tebal dan melebar atau dikenal dengan Nebula Homunculus. Saat ini, kita dapat melihat petunjuk forensik tentang ledakan Eta Carinae melalui video di atas. Visualisasi model 3D dari Eta Carinae ini diperoleh melalui penggabungan data pengamatan dari Chandra X-ray Observatory, Teleskop Antariksa Spitzer, dan Hubble milik NASA yang menangkap sinar inframerah dan sinar-X. Eta Carinae digambarkan seperti bom waktu yang terus berdetak sembari menunggu kehancurannya menjadi sebuah supernova berikutnya, yang sanyangnya tidak dapat dipastikan kapan akan terjadi. Eta Carinae menjadi bintang yang paling berbahaya di dekat Bumi karena ledakan supernova berikutnya kelak akan memancarkan banyak sinar gamma yang berbahaya hingga ke planet kita.

Alih Bahasa: Fitria Anggraeny