Sabtu, 05 Februari 2022

Simbiosis R Aquarii

Kredit Foto: Sinar-X: NASA/CXC/SAO/R. Montez dkk.; Data Optik: NASA/ESA/STScI, Pemroses: Judy Schmidt (CC BY-NC-SA)

Penjelasan: Bintang variabel R Aquarii sebenarnya adalah sistem bintang biner yang berinteraksi, dua bintang yang tampaknya memiliki hubungan simbiosis yang erat. Berpusat pada gambar komposit optik/sinar-X berbasis ruang angkasa ini, sang sistem biner terletak pada jarak sekitar 710 tahun cahaya jauhnya dari Bumi. Sistem yang menarik ini terdiri dari bintang raksasa merah bersuhu rendah dan bintang katai putih padat yang panas, yang keduanya saling mengorbit bersama terhadap pusat massa mereka. Dengan bantuan teleskop, kamu bisa menyaksikan R Aquarii terus mengubah kecerahannya selama sekitar satu tahun. Cahaya tampak sistem biner didominasi oleh raksasa merah, yang merupakan bintang variabel periode panjang tipe Mira. Tetapi materi di selubung bintang raksasa yang dingin itu ditarik oleh gravitasi ke permukaan katai putih yang lebih kecil dan lebih padat, yang akhirnya memicu ledakan termonuklir, meledakkan materi ke luar angkasa. Para astronom telah melihat ledakan seperti itu selama beberapa dekade terakhir. Bukti ledakan yang jauh lebih tua terlihat dalam struktur spektakuler yang membentang hampir satu tahun cahaya seperti yang diamati oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble (dalam warna merah dan biru). Data dari Chandra X-ray Observatory (berwarna ungu) menunjukkan pancaran sinar-X dari gelombang kejut yang tercipta saat jet dari katai putih menyerang material di sekitarnya.

Kredit Konten: Symbiotic R Aquarii