Rabu, 02 Februari 2022

Pusat Galaksi dalam Citra Gelombang Radio

Kredit Foto: Ian Heywood (Oxford U.), SARAO; Pemroses Warna: Juan Carlos Munoz-Mateos (ESO)

Penjelasan: Melihat ke langit dengan mata telanjang, kita hanya dapat melihat benda-benda luar angkasa yang tampak jelas seperti bintang, satelit alam planet, bahkan jika kamu beruntung kamu dapat melihat ISS yang melintas. Dengan teleskop optik, kamu dapat lebih jelas melihat benda-benda lainnya di luar angkasa, termasuk debu antarbintang yang menghalangi pandangan. Oleh karena itu, perlu bantuan alat lain yang dapat melihat pergerakan galaksi-galaksi lebih jelas yaitu dengan bantuan gelombang radio. pusat galaksi dapat dicitrakan dan menunjukkan dirinya sebagai tempat yang cukup menarik dan aktif. Foto menunjukkan gambar terbaru dari pusat Bima Sakti kita melalui rangkaian 64 piringan radio MeerKAT di Afrika Selatan. Membentang empat kali ukuran sudut Bulan (2 derajat), gambarnya sangat luas, dalam, dan detail. Sasaran MeerKAT juga mencari emisi radio dari hidrogen netral yang dipancarkan di alam semesta yang usianya jauh lebih muda, dan bentuk gelombang radio yang singkat namun berada di lokasi yang jauh.

Alih Bahasa: Windy