Senin, 24 Januari 2022

Rigel dan Nebula Kepala Penyihir

Kredit Foto & Hak Cipta: José Mtanous

Penjelasan: Ditenagai oleh cahaya bintang-bintang di sekitarnya, awan gas dan debu nebula yang tampak bengkok ini dijuluki sebagai Nebula Kepala Penyihir oleh para astronom. Seolah-olah, dalam foto ini, kepala sang penyihir sedang mengarahkan pandangannya pada bintang raksasa terang di arah rasi bintang Orion, Rigel, yang tampak paling terang di sisi kanan atas foto. Lebih dikenal sebagai IC 2118, Nebula Kepala Penyihir membentang sekitar 50 tahun cahaya dan terdiri dari butiran debu antarbintang yang memantulkan cahaya bintang Rigel. Warna biru Nebula Kepala Penyihir dan debu yang mengelilingi Rigel tidak hanya disebabkan oleh cahaya bintang biru Rigel yang intens, tetapi juga karena butiran debu menyebarkan cahaya biru lebih efisien daripada merah. Proses yang sama seperti ini juga lah yang menyebabkan langit siang hari di Bumi tampak biru, meskipun penghambur di atmosfer Bumi adalah molekul nitrogen dan oksigen. Rigel, Nebula Kepala Penyihir, dan gas serta debu yang mengelilinginya terletak sekitar 800 tahun cahaya jauhnya dari Bumi kita.